Akhirnya Terbentuk Pengurus Baru Paguyuban Ritel Sleman Merapi

Akhirnya Terbentuk !!

Pengurus Baru Paguyuban Ritel Sleman Merapi


Alhamdulillah Akhirnya terbentuk juga kepengurusan Baru Paguyuban Ritel Sleman Merapi yang ditunggu-tunggu oleh para pelaku ritel lokal Sleman Yogyakarta. Bertempat di Aula Bappeda Sleman Yogyakarta pada hari Rabu Tanggal 12 Maret 2020, telah di pilih secara aklamasi pengurus yang akan menggawangi dan akan membawa aspirasi para pelaku ritel lokal Sleman secara bersama dan dengan kompak mengusung "kebersamaan adalah kekuatan". 

Pengurus Baru Paguyuban Ritel sleman Merapi
Pada Hari Rabu, Sebelum terbentuknya kepengurusan Forum diisi dulu oleh Kepala Dinas Perindag Sleman yang kali Ini diwakili oleh Kepala Bidang Usaha dan Perdagangan Ibu Kurnia Astuti, S.sos, M,si dan dilanjutkan oleh Ibu Enny Sumi Rahayu, SE, MM Kepala Sub Bagian Tata Usaha UPT pelayanan Metrologi Legal Dinas Perindag Kabupaten Sleman. Ibu Kurnia Astuti berharap bahwa nantinya paguyuban ini akan bisa membawa aspirasi bersama dan saling menguatkan satu sama lain, sehingga nantinya bisa mewujudkan kekuatan bersama, kekuatan bersama ini penting sebagai baragining position, dalam hal misalnya Joint Buying. Sehingga Para pelaku Ritel Sleman mendapatkan harga yang lebih baik. Ibu ,,,juga memberikan penguatan dan semangat bahwa, Pelaku ritel lokal sleman adalah tulang punggung pemerintahan daerah sebagai salah satu entitas usaha yang kuat , walaupun saat ini masih diselimuti oleh iklim Corona yang lagi dihadapi olehs emua negara di dunia, tapi beliau sangat senang, ketika mendapatkan jawaban dari pertanyaan, apakah pelaku ritel masih aman? dan masih berjalan dengan baik? semua menjawab "kita baik-baik saja" dan masih bisa berdiri dengan semangat!!

Ibu Astuti yang bersahaja ini juga menyampaikan bahwa Pemda Sleman akan selalu mendukung dan berharap kolaborasi apik dari adanya paguyuban ini, karena dengan adanya paguyuban ini , maka akan semakin memudahkan pekerjaan pemerintah dalam memberikan akses informasi dan pembinaan, karena nantinya paguyuban ini akan selalu aktif berkoordinasi dan konsultasi dengan Dinas Sleman. Harapannya ke depan, paguyuban ini benar-benar aktif dan bisa memberikan benefit yang banyak kepada anggota. 
Sedangkan Ibu Enny memebrikan informasi ndan pengetahuan tentang ilmu metrologi -dalam hal ini merupkan pengetehuan yang baru bagi para pelaku ritel-atau ilmu hitung dalam bahasa sederhananya dan kita kenal dengan istilah Tera. Ilmu ini berkaitan dengan pengukuran yang berkaitan dengan kemasan dan timbangan yang selalu dipakai dan dimanfaatkan oleh para pelaku ritel lokal. Misalnya tentang timbangan yang da di pasar , bagaimana spesifikasi dan kualifikasi yang cocok dan sudah sesuai dengan standar Internasional. Hal ini penting, supaya konsumen terlindungi, dan penjual juga mendapakan rasa aman dan jaminan bahwa produk yang dia jual dan berikan sudah sesuai standar baku.

Akhirnya sampai pada sesi Inti, Ibu Yantini, S,Sos, MPA sebagai Kepala Seksi Pengembangan Usaha Dinas Perindag Kanupaten Sleman mengantarkan untuk diserakan kepada forum apakah sudah saatnya untuk mengganti kepengurusan lama dengan mengganti kepengurusan baru untuk penyegaran. Setelah ada pengantar dan beberapa pesan mendukung dengan keberadaan paguyuban iini , masuk sesi Pengalaman pengurus lama yakni Bapak Arif Ruhatama (Pemilik Grup Mina Swalayan). Beliau mengatakan bahwa paguyuban adalah salah satu media bersama bagi para pelalu ritel lokal Sleman untuk memberikan sumbangsih bersama dan kekuatan bersama, dan orang yang aktif di Paguyuban diharapkan adalah orang yang bisa mewakafkan waktunya untuk kebersamaan ini, karena kalau tidak, maka berjalannya tidak akan efektif, sebagaimana fakta sebelumnya yang kurang berjalan efektif, dan beliau adalah salah satu pengurus Peguyuban Merapi periode sebelumnya.

Kemudian dilanjutkan oleh Bapak Irwan dari Inti Mart yang juga setuju dan mendukung bahwa revitalisasi paguyuban untuk ke arah yang lebih baik, karena bersama -sama akan lebih dahsyat. Dengan adanya Paguyuban yang kuat dan kompak, nantinya bisa melakukan bargaining position terhadap semua pemangku kepentingan dan juga terhadap suplier.

Memasuki sesi Pemilihan Pengurus, Forum langsung diarahkan oleh Adri Syahrizal (Presiden Direktur Ritelteam Indonesia sekaligus Juga salah satu Pemilik Skymart Maguwoharjo).


Pada Saat Forum di Arahkan oleh Adri Syahrizal, maka langsung diberikan kesempatan kepada semua pelaku ritel lokal yang hadir untuk menyatakan kesiapan menjadi salah satu pengurus dengan mengedepankan komitmen bersama dan siap mewalafkan waktu, pikiran dan tenaganya demi sukses dan berjalannya paguyuban ini. Semua diminta berkomitmen mewakafkan waktunya dan sungguh-sungguh aktif di paguyuban tidak hanya sekedar tampil nama , namun juga selalu hadir dalam setiap kegiatan dan program yang akan di jalankan. Akhirnya beberapa orang bersedia secara aktif memunculkan dirinya dan berinisasi menyampaikan keinginan sendiri untuk aktif di paguyuban ini, dan akhirnya disepakati Bahwa Ketua Paguyuban Adalah Adri Syahrizal yang akan menggawangi Paguyuban ini ke depan dengan susunan pengurus lengkap sebagai berikut :

Penasehat      : Kepala Dinas Perindag Sleman
                        Ibu Sitoresmi Prabuningrat
Pembina        : Bapak Arif Rahutama
                        Bapak Irwan
                        Bapak Wiwit Sukmadji

Susunan Pengurus Paguyuban Retail Lokal Kabupaten Sleman hasil pemilihan secara demokratis:
Ketua I
:
Adri Syahrizal

Ketua II
:
Triyanto (Kelik)
(Sleman)
Sekretaris I
:
Pratiwi
 Ritelsmart 
Sekretaris II
:
Irma Diena
(Gamping)
Bendahara I
:
Tutik Harjanti
(Ngemplak)
Bendahara II
:
Yusse Ilham Alfathan
(Mirota)
Seksi-Seksi
:


                  
                    Seksi Organisasi dan kelembagaan
Koordinator
:
Maryana
(Gamping)
Anggota
:
Ernayani
(Gamping)
Anggota
:
Ambar Rohadi
(Mlati)
 
                    Seksi Sosial dan Kemasyarakatan
Koordinator
:
Suparman
(Mlati)
Anggota
:
Rustiatin Taruna
(Depok)
Anggota
:
Anik Haryanti 
(Godean)
                   Anggota                      :      Yusman                                  (Cangkringan)

                   Seksi Usaha dan Kerjasama
Koordinator
:
Wahyu Agung Prabowo
(Intimart)
Anggota
:
Haryanto 
(Tempel)
Anggota
:
Rifan Prananca
(skymart)

                   Seksi Peningkatan Kapasitas dan SDM
Koordinator
:
Rini Setiyani
(Depok)
Anggota
:
Herdiawan
(Godean)
Anggota
:
Siti Salamah
(Tempel)
                      
                      





Paguyuban ini rencana kedepannya  diharapkan memiliki program-program kerja yang konkritdan lebih menggigit serta benar-benar memberikan benefit yang banyak buat Anggota paguyuban,  antara lain :
  1. Pelatihan Manajemen Minimarket Moderen
  2. Pelatihan Keuangan sederhana ritel lokal
  3. Pelatihan Marketing Online ritel lokal 
  4. Pembelian Usaha bersama
  5. Mengakses pabrik untuk mendapatkan harga yang lebih baik
  6. Saling bertukar informasi harga
  7. Saling bertukar informasi suply barang yang murah
  8. Advokasi terhadap toko-toko ritel lokal yang mengalami masalah
  9. Satu Brand Toko Rakyat "Sleman Mart"
  10. Satu Brand produk "Sleman Mart"
  11. Fasilitasi Konsultasi Minimarket/ toko Gratis
  12. Program kasir gratis
  13. Fasilitasi konsultasi keuangan gratis
https://www.konsultanminimarket.com/konsultan-ritel-nasional.html








Comments

Popular posts from this blog

Rak Toko sembako murah

Ukuran Bangunan Minimarket Ideal

Contoh Lay out dan Rencana Anggaran Biaya