Pratiwi : Srikandi Jagoan Ritel Indonesia

Pratiwi : Srikandi Jagoan Ritel Indonesia


Pratiwi : Srikandi Jagoan Ritel Indonesia

Pratiwi atau yang dikenal dengan panggilan Mbak Tewe adalah salah satu jagoan srikandi ritel di Indonesia, Penglaman beliau sejak tahun 2006 dalam dunia ritel telah teruji karena Penglaman beliau baik secara teori dan lapangan Praktis menunjukkan seperti itu. Jarang sekali ada perempuan yang memiiki keahlian dalma dunia ritel ini, apalagi dala dunia ritel moderen. Yang memiliki komitmen dan konsistensi dalam bidang ini. Mbak Tewe telah menunjukkan pada kita, bahwa Perempuan juga bisa ahli dalam bidang ini dengan baik dan bahkan telah mendampingi ratusan pelaku ritel di Indonesia. 

Pengalaman Pratiwi dalam Bidang Ritel


Pratiwi aksi briefing Karyawan Koperasi RSUD Banyumas
Kulakan NEU
Sejak tahun 2006 , Pratiwi telah mulai bersentuhan dengan bidang ritel, sejak aktif di KOPMA IAIN. KOPMA adalah Koperasi Mahasiswa yang memiliki unit bisnis ritel atau minimarket telah menggunakan sistem manajemen Moderen. Beliau mulai belajar sejak magang dan terlibat langsung sebagai karyawan Magang di Minimarket, pada saat itu Mbak tewe sudah mulai bersentuhan dengan yang namanya Manajemen merchandising, Pemajangan barang yang baik dan rapi, startegi pemsaran efektif dan Bagaimana menglola karyawan toko efektif. Setelah Magang, Mbak tewe mulai dipercaya sebagai bagian dari Pengurus Koperasi Mahasiswa. UIN. Nah, setelah Menjadi Pengurus , beliau lebih leluasa mempelajari selauk beluk Minimarket Moderen, apalagi beliau dipercaya sebagai Pengurus Bidang usaha yang memang tugasnya salah satunya adalah bertanggungjawab mengelola dan monitoring.  

Pada Saat menjadi Pengurus, Tewe telah terbiasa bagaimana mengelola minimarket Moderen, mulai dari Manajemen SDM, Manajemen Merchandising dan Inventory, Manajemen Display barang, Manajemen Keuangan , Manajemen Pemasaran efektif, Layanan Karyawan efektif . Pada saat inilah Tewe Pratiwi memulai pengalaman konkrit dalam bidang ritel/Minimarket Moderen. Mnegelola Aset Milyaran dari Omzet Minimarket yang sebulannya berkisar antara 100 sd 200 juta , sehingga tetap harus memutarotak dan pikiran untuk menjaga Omzet tetap berjalan dengan baik. Selain itu, juga bagaimana mengelola SDM dengan baik, sehingga tim ini juga sangat signifikan dalam menjaga ketahanan Omzet. 

Pretest Calon Karyawan SUpermarket
2008 atau 2009, Tewe Pratiwi dipercaya menjadi supervisor sebuah Minimarket dengan luasan lebih dari 200m2 , dan kahirnya dipercaya menjadi manajer Utama, pengalaman Ril, ketika masuk omzet rata-rata perhari 7-8 juta, ketika di tangan Tewe, akhirnya omzet bisa meningkat 2 kali bahkan sampai 3 kali lipat , bahkan omzet tembus 20 sd 30 juta/hari. Apa rumus yang dilakukan oleh tewe? sederhana saja, Bawah sebagai minimarket Moderen, maka hal yang utama yang harus di pahami adalah bahwa Toko harus dikenal oleh orang lain, setelah kenal harus loyal berbelanja dan setelah loyal maka harus diberikan apresiasi. Hal ini lah yang dilakukan oleh Tewe secara berkesinambungan, sehingga omzet toko yang dikelola oleh Tewe dan Tim setiap tahun semakin meningkat. 
Apakah ada cara lain? yess  pasti ada, selain meingkatkan layanan pada aspek pendekatan konsumen berbasis kearifan lokal, juga menambah varian produk baik dari sisi item maupun jumlah stok. ada yang menarik, bahwa Tewe dan menngkap sebuah peluang, bahwa masyarakat mestinya membutuhkan sebuah toko yang lengkap, sehingga merekapun akhirnya menjual Bumbu-bumbu dapur yang tidak di jual oleh para distributor konvensional. wujudnya sebagai berikut, biasanya orang yang jual bumbu ada di pasar, mereka membeli bumbu dalam bentuk pretelan, kemudian mereka ramu dan racik dan dijadikan dalm satu kemasan yang lengkap, sehingga konsumen ibu-ibu rumah tangga, ketika siang atau sore hari, mengandalkan Toko yang dikelola oleh Tewe dalam memenuhi kebutuhan BUmbu dapur, Ini sangat berjalan efektif dan mempu menaikkan omzet.

Pengembangan Toko Minimarket? mungkinkah?

GO Toko Sahabatqu Grup warung Steak yang ke-1 dari 2 toko
Banyak Orang bertanya-tanya, apakah bisnis minimarket ini menguntungkan? apakah bisa berkembang? misal dari satu toko kemudian bisa berkembang menjadi 2 toko bahkan sampai 10 toko? Jawabnya sangat bisa, di tangan Tewe, Toko yang dia kelola, akhirnya berkembang sampia memiliki 5 cabang. dimulai dari satu cabang/outlet , akhirnya dalam jangka waktu 2 tahun bisa membuat 3 cabang. Kenapa bisa? karena hal ini juga berkaitan dengan Manajemen keuangan yang baik dan perencanaan usaha yang baik. Sangat mungkin bahwa bisnis ini berkembang dengan baik asalkan manajemen usaha dan keuangan dikelola dengan benar.

Tewe mengatakan " Minimarket kami bisa membuka cabang, karena dari keuntungan yang didapat di tabung dan disipkan sebagai modal untuk mebuka cabang" , sehingga modal yang digunakan adalah modal keuntungan Toko yang bersangkutan. nah, sederhana bukan? Jadi anda tidak usah khawatir, jika anda fokus berbsinis minimarket, dan mengelola keuangan dengan baik dan benar, maka sangat memungkinkan toko anda akan berkembang dan bertambah cabangnya.

Pratiwi sebagai Direktur Ritelsmart Consulting

Sejak tahun 2014 , Pratiwi mulai bergabung di Ritelteam Indonesia dan kita daulat sebagai Direktur Ritelsmart Consulting, yakni anak perusahaan dibawah Ritelteam Indonesia. Berbekal pengalaman sebagai manajer sebuah toko akhirnya Tewe dijadikan sebagai Komandan dalam hal manajemen konsultasi toko/minimarket atau Konsultan Minimarket Lokal Moderen. yang menjadi klien Ritelteam Indonesia. Tugas Tewe dan TIm adalah memastikan klien kami yang mengambil paket konsultansi mendapatkan pelayanan yang baik dan mendapatkan ilmu Manajemen Minimarket yang baik dan benar. 

KUKOMART GArapan Pratiwi dan Tim Konsultan Ahli 
Klien yang sudah di handel oleh Tewe dan Tim sampai saat ini sudah ratusan klien kategori klien yang membuka toko baru dan mungkin ribuan klien yang kategori hanya konsultasi pada aspek pendampingan, asistensi manajemen. kelebihan Dari Tewe adalah menjadikan konsumen sebagai saudara dan beliau akan selalu menjawab masalah klien walaupun sudah putus kontrak secara resmi, bahkan klien yang sudah 5 tahunan masih berkomunikasi dan minta konsultasi secara gratis kepada Tewe. 

So, Kalau anda searching di Google, Perempuan Jagoan Ritel atau Srikandi Ritel di Indonesia, maka salah satunya adalah Tewe Pratiwi. Pengalaman bertahun tehaun telah menempa Pratiwi sebagai Jagoan ritel, apalagi bicara ritel lokal rakyat, maka beliau lah jagoannya untuk perempuan masa kini.
Pratwi bersama Presiden Direktur Ritelteam Indonesia Survey Bandara Semarang
Sudah sangat banyak yang didampingi Oleh tewe, baik toko pribadi, Koperasi, Perusahaan, BUMDES dan Pesantren. bahkan pengalaman yang sangat berharga adalah ketika dipercaya oleh selah satu BUMN Terkemuka di Indonesia yakni BUMN ANGKASA PURA RETAIL , Pilot Projectnya adalah bandara Ahmad yani Semarang Jawa tengah. Project yang di garap dengan Brand KUKOMART, dengan lokasi kedatangan Bandara dan Keberangkatan Bandara.

Pratiwi Memberikan pelatihan Minimarket Buat Santri Pesantren

Pratiwi Mendampingi Pelatihan Karyawan Pesantren Nurul Haromain Kulonprogo

Pratwi Bersama Tim Konsultan Ahli Ritelsmart Consulting

Pratiwi dalam Training Pramuniaga Toko

Pratiwi Menghadiri GO Toko Husada KPRI Kebumen

Keahlian Pratiwi dalam Hal Ritel 

Sebagai Konsultan Ahli dalam Bidang Retail tentu Pratiwi menguasai semua hal yang berkaitan dengan manajemen Ritel, antara lain :
  1. Survey dan kelayakan Usaha Ritel Moderen
  2. Menganalisa kelayakan Lokasi dan proyeksi usaha minimarket
  3. Manajemen SDM 
  4. Manajemen Merchandising dan Inventory
  5. IT /Software POS 
  6. Manajemen Keuangan Minimarket
  7. Manajemen Pemsaran Minimarket
  8. Display Barang dan Pajangan efektif
  9. Manajemen Pergudangan Minimarket , supermarket dan DC 
  10. Sistem Pajak dan pelaporan Pajak
Semua hal yang dipaparkan di tas semua sudah dikuasi dengan baik, sehingga klien merasa nyaman jika berkonsultasi dengan Tewe, karena semua hal yang berkaitan dengan Minimarket, dikuasai dengan baik dan menjadi kompetensi yang jarang dimiliki oleh orang lain , apalagi perempuan jaman now.

So, jika anda membaca Artikel Ini, dan Ingin langsung berkomunikasi dan konsultasi langsung dengan Mbak Tewe silahkan lewat Saluran WA 081392513106. atau bisa juga lewat FB beliau di Pratiwi.  


Comments

Popular posts from this blog

Rak Toko sembako murah

Ukuran Bangunan Minimarket Ideal

Contoh Lay out dan Rencana Anggaran Biaya