Tentang Minimarket

Tentang Minimarket


Tentang minimarket, hari-hari ini  mulai banyak dibicarakan dan diperbincangkan tentang minimarket. banyak orang yang sudah familiar dengan kata-kata minimarket. Minimarket sebagai sebuah bisnis alternatif sudah menjadi trend bisnis yang bagi masyarakat Indonesia. Dulu tahun 2000an , masih banyak orang yang tidak mengira akan terjadi sebuah revolusi bisnis ritel, dimana semakin banyak bertebaran bisnis minimarket ala moderen. 

Jaman dulu, orang sudah terbiasa berbisnis ritel atau eceran dengan cara-cara tradisonal-konvensional. Para pebisnis ritel tradisional sudah nyaman dengan cara lama dan tidak memperkirakan akan terjadi sebuah perubahan besar yang akhirnya berdampak pada usaha mereka. sehingga mereka santai-santai saja dan tidak peduli dengan adanya perubahan yang akhirnya bisa membunuh usaha mereka.

Apa itu Minimarket?

Minimarket adalah kata serapan yang berasal dari bahasa Inggris, Mini artinya kecil, Market artinya pasar. Artinya Minimarket adalah pasar kecil. Apa bedanya dengan pasar-pasar yang sudah ada? Minimarket dengan istilah yang baru ini lebih dekat dengan pola modernisasi usaha pasar sehingga orang lebih mengenal istilah minimarket moderen. 

Minimarket Moderen adalah bentuk pasar yang dimodernisasi cara mengelolanya, sehingga menyesuaikan dengan prilaku konsumen yang sudah berubah. Konsumen saat ini mulai ingin dimanjakan, mulai ingin merdeka memilih barang , bebas berintekrasi dengan barang, bebas menentukan apa barang yang akan mereka beli atau konsumsi, konsumen ingin mengethaui harga secara pasti, dan konsumen juga ingin adanya keadilan dalam transaksi sehingga apabila terjadi komplain mereka memiliki bukti belanja dalam bentuk struk belanja.

Syarat Minimarket Moderen

Ada beberapa syarat, minimarket dikatakan sebagai usaha toko yang moderen, antara lain :

  1. Layanan, Artinya pelananan adalah melayani diri sendiri, yakni konsumen berhak dan bebas memilih sendiri barangnya, bebas melihat kualitas barang, bentuk barang, harga barang dan jenis barang. Pola ini bukan lagi dengan cara tradisional yakni ketika konsumen belanja diambilkan oleh pemilik toko. maka dikenal lah istilahnya dengan SWALAYAN = melayani sendiri.
  2. Penataan Barang, artinya penataan barang mulai diperhatikan yakni dengan cara menata barang lebih menarik, tampilan lebih keren, terpisah kategori barang misal kategori makanan dengan non makanan. Kemudian terpisah lagi antara sub kategori dengan subkategori lainnya, misal barang makanan basah dan kering, makanan sembako dan makanan ringan dan lain sebagainya.
  3. Teknologi, saat ini minimarket moderen semuab telah menggunakan teknologi digital artinya semua menggunakan perangkat komputerisasi dan aplikasi software kasir baik yang gratis maupun yang berbayar tahunan atau bulanan. Jika anda memiliki toko tapi tidak menggunakan komputerisasi maka anda belum layak dikategorikan minimarket moderen.
3 hal di atas adalah syarat bagi anda yang ingin memiliki minimarket dan ingin masuk kategori minimarket moderen.

Keuntungan Minimarket Moderen

Jika usaha toko anda berbnetuk minimarket Moderen, apa saja keuntungannya?
  1. Lebih mudah untuk kontrol stok
  2. meningkatkan penjuaalan karena konsumen bisa eksplorasi barang dengan bebas
  3. Bisa membuat stratgei marketing dengan baik berbasis data
  4. bisa melakukan promosi sewaktu-waktu secara terencana dan terdata dengan baik
  5. Bisa mempertanggungjawabkan transaksi dengan konsumen
  6. Barang terlihat rapi dan bersih serta menarik
  7. layanan pasti akan lebih ramah dan mudah bagi konsumen jaman now
  8. mudah untuk melakukan penataan barang
  9. mudah untuk menghitung stok sehari-hari
  10. menghindari barang-barang yang kadaluarsa karena pajangn barang kelihatan semua dan tertata dengan rapi
  11. Konsumen jaman now lebih senang dan tertarik untuk belanja di minimarket moderen dibanding tradisional

JIka mau buat Minimarket Moderen apa yang harus dilakukan?

JIka anda mau membuat minimarket Moderen silahkan kontak jagoannya yakni Konsultan Minimarket Ritelteam Indonesia, konsultan terbaik dan sudah terpercaya ,bahkan sudah diakui oleh Salah satu BUMN ANGKASA PURA RETAIL DENGAN PILOT PROJECTNYA DI BANDARA AHMAD YANI SEMARANG DENGAN BRAND KUKOMART.
Langung Kontak Hotline 08112646687 atau kontak telpon kantor 0274-560979.

Apa saja Layanan Konsultan Minimarket Ritelteam Indonesia

Layanan Konsultan Minimarket kami adalah sebagai berikut :
  1. Survey lokasi
  2. Pembuatan design minimarket/supermarket
  3. Konsultasi pendirian Minimarket Baru
  4. Me-recovery manajemen toko yang masih amburadul
  5. Pengembangan toko
  6. Studi kelayakan usaha minimarket
  7. Apikasi keuangan minimarket yang canggih dan sederhana 
  8. membantu set-up laporan pajak minimarket anda
  9. Training Manajemen Minimarket
  10. Traiing kepala toko minimarket
  11. Training kasir minimarket
  12. Training Administrasi keuangan Miniamrket
  13. Training Merchandising minimarket

Apakah Juga menyedikan program kasirnya?

Iya kami juga memiliki sendiri program aksir yang terdiri dari 3 type :
  1. Program kasir gratis
  2. Program kasir premium
  3. program kasir On line (realtime, no kehilangan data, integrasi data, akses data real time untuk banyak user. bisa diakses semua owner, jika lampu mati bis aganti tablet atau HP)

Tentang Minimarket




Comments

Popular posts from this blog

Rak Toko sembako murah

Ukuran Bangunan Minimarket Ideal

Contoh Lay out dan Rencana Anggaran Biaya