Koperasi Keluarga Kraton Swasti Naraya.

Koperasi Kraton Yogyakarta Swasti Naraya adalah koperasi yang didirikan oleh para keluarga Kraton. Beberapa keluarga kraton yang memiliki keinginan untuk menjaga kekompakan, guyub dan kekeluargaan iningin mendirikan sebuah organisasi yang bisa menghimpun semua kebutuhan keluarga pada aspek ekonomi. Awalnya koperasi ini lahir dari konsep "arisan keluarga Kraton". 
Arisan keluarga kraton dihadiri biasanya 50-100 orang keluarga. Akhirnya, mereka menyadari arisan ini harus dikembangkan menjadi sebuah organisasi yang berbasis ekonomi. Kesepakatan keluarga akhirnya membentuk koperasi yang dinamakan Koperasi Swasti Naraya.

Koperasi ini bergerak dalam bidang usaha ritel. Usaha Ritel yang digarap berbasis sembako dan kebutuhan harian anggota. Koperasi ini sudah berjalan sejak tahun 2 008 dengan ketua Kol. Purn. RM. Aning Sunindya. Badan Hukum teregistrasi dengan nomor : 22/BH/KPTS/V/2008.

Menurut saya, walau koperasinya sampai saat ini masih belum menunjukkan kinerja yang baik secara hitung-hitungan keuangan, namun secara prinsip mereka benar-benar koperasi, karena hanya melayani kebutuhan anggota 100%.  Koperasi belum mampu melayani dengan baik, untuk kepentingan komunitas kraton lainnya. konsep ini masih dalam gagasan.

Alhamdulillah...kami (Ritelteam Indonesia), masih mendampingi sampai saat ini. Kami sangat senang mendampingi koperasi yang dikelola oleh para sepuh-sepuh yang sudah menginjak usia 50-70 tahun. Mereka masih semangat untuk melakukan "kerjasama", mereka masih semnagt untuk selalu belajar menjadi koperasi yang benar. Satu hal yang membuat saya salut. mereka sangat open mind, menerima saran dan masukan dari kami tentang konsep koperasi yang benar-benar koperasi.

Jayalah selalu koperasi Swasti Naraya 

Ritelteam Indonesia
setia mendampingi Koperasi Swasti Naraya.


Comments

Popular posts from this blog

Rak Toko sembako murah

Ukuran Bangunan Minimarket Ideal

Contoh Lay out dan Rencana Anggaran Biaya