SOP Minimarket

SOP Minimarket

SOP Minimarket adalah sebuah pedoman dalam melaksanakan standa operasional yang ada di Minimarket. SOP ini khusus kaki buat berdasarkan pengalaman kami mendampingin Ribuan Minimarket yang ada di Indonesia. kami adalah salah satu pendamping ritel di Kabupaten Sleman yang sudah bekerjasama sejak tahun 2012. Kami sangat apresiasi Dinas Sleman dalam hal ini. DInas Sleman Sangat Konsisten mengadakan pembianaan Terhadap pelaku ritel di daeraj Sleman. Sejak tahun 2012  sampai hari ini sudah 800 pelaku usaha ritel yag dibina lewat Pelatihan Minimarket Moderen. 


Pelatihan Minimarket Moderen Dinas Sleman

SOP Minimarket Dalam Pembinaan Dinas Sleman

           


1.        P1. ProdukMengatur proses antara lain:

q Mencari produk dan menjalin kerjasama dengan Supplier (termasuk surat perjanjian dengan supplier).
q Pembelian produk dari Supplier (cara pemesan, pengiriman, pembayaran ke supplier, retur).
q Penetapkan harga jual.

2.        PROMOSI DAN PENJUALAN, Mengatur proses antara lain:
q Tata cara melakukan promosi (bentuk promosi, biaya, target).
q Operasional toko (buka, pelayanan dan tutup toko)
q Pengaturan dan penempatan barang di rak toko.
q Pencatatan barang yang dibeli oleh pelanggan (menggunakan barcode dan menggunakan system/aplikasi).
    Catatan: dari system/aplikasi dapat diketahui berapa banyak barang yang terjual dan berapa banyak uang yang diperoleh oleh kasir dari hasil penjualan tersebut.
q Cash count dan setoran uang dari kasir.

3.        GEDUNG DAN MAINTENANCE, Mengatur proses antara lain:
q Pengadaan sarana: lokasi gedung/toko, PLN, Pam atau air bersih, telkom dan lain-lain termasuk pemeliharaannya.
q Pengadaan prasarana: AC, rak, meja, kursi, komputer, barcode, telephone, fax, lampu, alat promosi, sign board.

4.        LOGISTIC & GUDANG, Mengatur proses antara lain:
q Manajemen gudang:
ü        Pencatatan dan pencocokan barang dengan dokumen untuk barang yang masuk (diterima dari Supplier)
ü        Pencetakan dan penempelan barcode yang sudah ditetapkan harga jualnya.
ü        Pembuatan dan pencatatan barang pada kartu stok (in).
ü        Penyimpanan barang sesuai dengan kartu stock dan pengelompokan yang telah ditentukan.
ü        Pengeluaran barang dari Gudang ke Toko dan melakukan pencatatan pada kartu stock (out).
q Pemeliharaan barang di Gudang: cara penyusunan dan pengelompokan barang (FIFO).

5.        SUMBER DAYA, Mengatur proses antara lain:
q Perekrutan karyawan.
q Kepersonaliaan.
q Pengaturan Shift.
q Training, briefing, konseling dll.

6.        PEMBUKUAN DAN KEUANGAN, Mengatur proses antara lain:
q Rekonsiliasi harian:
ü        antara data penjualan, dokumen pengeluaran barang dari Gudang ke toko dengan stock yang ada di rak toko.
ü        Dokumen penerimaan dari Supplier, dokumen pengeluaran barang dari gudang ke toko dan fisik yang ada di Gudang.
q Rekonsiliasi mingguan atau bulanan: antara dokumen penerimaan dari supplier, dokumen pengeluaran barang dari Gudang ke Toko, data penjualan dengan barang yang ada di toko dan di gudang.
Catatan: Dari proses rekonsiliasi dapat diketahui persediaan barang yang ada, berapa banyak sisa stok untuk masing-masing barang, kapan harus pesan lagi ke supplier dan berapa banyak qty yang harus dipesan.
q Pembayaran ke supplier.
q Pembayaran sewa dan maintenance/ pemeliharaan sarana dan prasarana.
q Pembayaran gaji karyawan.
q Penerimaan uang dari kasir dan penyetoran ke bank.

Fungsi SOP MINimarket

Fungsi SOP Minimarket sangat penting bagi anda sebagai pelaku usaha ritel moderen yang menggunakan konsep minimarket Moderen. SOP ini bisa berfungsi sebagai berikut :

1. Untuk kepentingan Anda sebagai Owner dalam menganalisa kinerj karyawan 
2. Pegangan Buat karyawan dalam bekerja
3. Karyawan memiliki standar yang jelas dalam melaksanakan kerja
4. Penilaian kinerja berbasis SOP sangat adil dan menghindarkan kecemburuan antar karyawan , karena semua berpatokan pada SOP
5. Sebagai Pedoman Bersama antara owner dan karyawan 
6. Panduan efektif dalam operasionalisasi usaha

Jika Anda tertarik untuk mengetahui SOP yang lebih lengkap, kami memiliki Bukunya yang kami buat sendiri berdasarkan pengalaman dan berdasarkan referensi lainnya, silahkan kontak ke 08112652078 atau Hot line 08112646687 atau Telpon 0274-560979.

Perusahaan yang menyediakan SOP?
kami adalah Perusahaan Ritelteam Indonesia skala nasional yang Khusus dan spesialis dalam bidang Bisnis Minimarket yang memiliki unit dan bidang penanganan sebagai berikut :
1. Konsultan Minimarket
2./ Penjualan Perlengkapan Minimarket seperti Rak Minimarket, Rak supermarket, Meja KAsir, Rak Rokok, Rak Gudang, Rak Gudang Palllet, Trolly barang, Trolly tarik, keranjang belanja
3. Perlengkapan Kasir , seperti Komputerisasi, Scanner barcode, Printer kasir, printer barcode, laci uang, kertas printer
4. Konsultan manajemen keuangan
5.Konsultan perpajakan
6. Program kasir yang terdiri dari program kasir gratis dan Premium serta program kasir online.

BUku SOP Minimarket

Comments

Popular posts from this blog

Rak Toko sembako murah

Ukuran Bangunan Minimarket Ideal

Contoh Lay out dan Rencana Anggaran Biaya