Whole Sale Market Koperasi?

whole sale market..apa mungkin di miliki oleh koperasi???

melihat perkembangan bisnis mini market/supermarket moderen yang selalu bekrembang di daerah khususnya Jogjakarta, saya mengimpikan sebuah sistem yang nantinya bisa mengakomodir semua yang berkenpentingan terhadap bisnis ini. semua pemangku kepentingan pemian retail ini tentunya selalu terhubung dengan yang namanya "produsen" atau "suplier". Nah selama ini mereka secara individu melakukan transaski bisnis secara sendiri-sendiri. sehingga efeknya adalah terjadinya perbedaan yang cukup mendasar anatar pemain besar dengan pemain bisnis retail yang relatif lebih kecil dari mereka.
Selisih harga yang disebabkan oleh tingkat pengambilan yang berbeda-beda ini tentunya memiliki efek yang sangat besar diantara pemain retail ini.Pemian besar tentunya mendapatkan selisih margin dari harga yang dibeli karena tingginya volume pengambilan (kuantiti) kepada produsen atau suplier, sedangkan bagi pemain yang relatif kecil akan mendapakatan margin yang lebih kecil. hal ini selalu menimbulkan ketimpangan yang cukup besar.
Oleh sebab itu, apa memungkinkan ada sebuah sistem yang bisa mengumpulkan mereka dalam sebuah konsep bisnis yang lebih adil dan setidaknya memiliki peluang yang sama untuk mendapatkan jaringan produsen dan suplier yang besar, mislanya dengan konsep whole sale yang dimiliki oleh semua pemain ritel ini.
Konsep whole sale yakni semacam pasar induk yang bisa menghimpun semua produsen atau suplier dan menyediakan semua kebutuhan yang lengkap baik kategori food dan non food. Whole sale ini nantinya dimiliki oleh semua pemain ritel yang bergabuyng dalam sebuh perusahaan yang bernama "koperasi". artinya semua pemain bisnis ritel ini bersepakat untuk mendirikan whole sale secara bersama dengan sistem koperasi. sehingga semua menjadi anggota yang memiliki kepentingan yang sama dan fasilitas yang sama.selain itu, mereka juga berhak melakukan kontrol manajemen yang sama terhadap perusahaan ini. karena konspe koperasi mengedepankan one man one vote.
selian itu, dengan berkumpulnya semua pemain ritekl dalam wadah ini akan semakin membuat posisi tawar yang lebih besar terhadap produsen besar dan atau suplier besar (distributor).

taman kuliner, 11.50
pengantar awal.....

Comments

Popular posts from this blog

Rak Toko sembako murah

Ukuran Bangunan Minimarket Ideal

Contoh Lay out dan Rencana Anggaran Biaya